Air Mineral Kemasan Botol Berbahaya?


Ghiboo.com – Minum air mineral dalam kemasan botol sering kali dipilih karena kepraktisannya. Namun, sebaiknya Anda berpikir ulang setelah membaca ulasan ini.

Botol plastik menjadi ancaman serius bagi kesehatan Anda. Molekul-molekul plastik bahan kimia berbahaya bagi air tersimpan di dalamnya. Termasuk kimia ftalat yang digunakan untuk melembutkan botol.

Terpapar bahan kimia ini dapat menyebabkan gangguan reproduksi, masalah hati hingga kanker. Bahkan, bahan kimia ini bisa meleleh saat Anda menyimpan botol plastik saat terkena panas.

Tak hanya itu, sekitar 1,5 juta ton plastik juga digunakan untuk memproduksi botol air setiap tahun di seluruh dunia. Dan pengolahannya tak terlepas dari senyawa beracun, seperti nikel, etilbenzena oksida, etilen dan benzen.

Banyak dokter gigi dan dokter anak khawatir kalau anak-anak yang meminum air kemasan dapat mengalami gigi berlubang. Kenyataannya, hampir sebagian besar air kemasan tidak mengandung fluoride dibandingkan air keran.

Memang belum ada penelitian komprehensif untuk membuktikannya. Namun, sebuah penelitian kecil menunjukkan adanya sedikit kecenderungan terhadap kerusakan gigi anak-anak yang meminum lebih banyak air kemasan.

Sebuah penelitian di Australia Selatan menunjukkan anak-anak yang tidak meminum air keran tak berfluoride memiliki 52,7 persen risiko lebih tinggi mengalami masalah gigi berlubang.

Akibat Yang Harus Ditanggung Bila Suka Makan Larut Malam


Loading image...Banyak ahli kesehatan yang mengingatkan agar tidak membiasakan diri makan terlalu malam. Sayangnya, masih banyak orang yang tiba-tiba terbangun karena lapar dan akhirnya harus makan tengah malam. Ada beberapa efek negatif bila Anda sering makan larut malam.
Makan sebelum tidur atau larut malam dapat menyebabkan berbagai masalah, baik masalah kesehatan, mental dan lainnya.

Berikut beberapa dampak yang terjadi pada orang yang suka makan larut malam, :

1. Berat badan naik
Makan larut malam sebenarnya tidak secara langsung menyebabkan berat badan naik, tetapi orang yang makan tengah malam cenderung makan dengan cepat, makan makanan cepat saji seperti burger, pizza atau makanan berminyak dan berlemak, bukan buah atau sayuran.

Selain itu, jika Anda makan lebih malam tentu saja perut lebih lapar dari biasanya, sehingga makan pun dengan porsi yang lebih besar. Semua faktor tersebut dapat menyebabkan kenaikan berat badan secara tidak langsung.

2. Nighttime Eating Syndrome

Makan larut malam mungkin merupakan gejala depresi yang berkaitan dengan kondisi yang disebut Nighttime Eating Syndrome (NES atau sindrom makan malam hari). Orang dengan NES makan sebagian besar kebutuhan kalori setelah jam 6 sore, menurut Dr. Michael Craig Miller dari Harvard Health Publications.
Orang dengan NES kebanyakan mengalami depresi dan makan larut malam karena ketidakseimbangan hormon. Makan larut malam biasanya melibatkan gula dan karbohidrat, yang merupakan makanan pemicu rasa nyaman sehingga dapat mengobati diri sendiri.

3. Mengganggu tidur

Makan makanan yang mengandung lemak saat larut malam dan 3 jam sebelum tidur dapat membuat sistem pencernaan Anda terus bekerja sepanjang malam dan dapat mengganggu tidur, menurut Ask Men. Selain itu, makan makanan pedas larut malam dapat menyebabkan rasa panas, mulas dan gangguan pencernaan pada hari berikutnya.

 

 

4. Efek lain

Makan larut malam menyebabkan Anda untuk menghindari makanan pada jam makan malam normal, sehingga meningkatkan peluang mengembangkan diabetes tipe 2, karena gula dan insulin mengalami kesulitan berinteraksi satu sama lain setelah periode kelaparan.

Konsumsi kafein larut malam cenderung menyebabkan insomnia dan konsumsi alkohol larut malam dapat menyebabkan periode panjang insomnia jika Anda minum jumlah berlebihan.

Bahaya Ga Sih Merawat Mata Dengan Mentimun Dan Daun Sirih?


Bila kamu sedang ada waktu luang di rumah, apa kamu suka melakukan kebiasaan sederhana Merawat Mata di lakukan di rumah? Alasan utamanya, memanfaatkan bahan alam yang ada dan di yakini bisa Merawat Mata. Sebut saja mentimun yang di potong bundar, lalu menempelkannya pada area luar mata. Menurut beberapa orang yang meyakininya ada yang menganggap juga daun sirih yang kaya antiseptik bisa di manfaatkan untuk membersihkan mata. Guys, sudah saatnya kamu mengetahui hal ini, bahwa Merawat Mata Dengan Mentimun sebenernya ya itu tidak baik untuk kesehatan mata kamu.
Menurut Kepala Divisi Refraksi & Lensa Kontak Departemen Mata FKUI RSCM, sebaiknya kamu hindari tumbuhan seperti mentimun, daun sirih, atau lainnya untuk merawat mata karena tumbuhan itu mengandung jamur. Produk tumbuhan kalau tidak di proses farmasi tidak bisa di pastikan keamanannya.
Infeksi Jamur
 Menurutnya, meski daun sirih di rebus untuk kemudian di gunakan membersihkan mata (sebagai pengganti obat tetes mata), spora jamur akan tetap hidup. Begitu pun pada mentimun, tidak dapat di pastikan apakah mentimun yang di tempelkan pada mata bebas jamur.
Yang sangat di khawatirkannya adalah spora jamur ini dapat menyebabkan infeksi jamur pada mata. “Spora jamur pada tumbuhan ini bisa menyebabkan luka yang tidak di ketahui pada mata atau di sebut mikrotrauma. Spora jamur ini bisa menyebabkan infeksi jamur pada mata. Kalau sudah infeksi jamur pada mata, gangguan pada mata akan sangat sulit di sembuhkan,” ucapnya.
Kompres Dengan Kapas
“Jika mata kamu terasa lelah, gatal, atau bahkan bengkak, maka kompres saja dengan kapas yang di beri air hangat atau air dingin,” saran dr Tri. Dokter spesialis mata yang juga Ketua Contact Lens Center Jakarta Eye Center ini menyarankan, sebaiknya kompres mata di lakukan menggunakan kapas yang diberi air dingin untuk mengatasi mata gatal dan alergi.
Untuk mengatasi bengkak pada mata bagian luar, sebaiknya kompres dengan kapas yang di beri air hangat. Sudah tau kan bahayanya Merawat Mata Dengan Mentimun? Sungguh tidak mungkin bila para ahli sudah berani mengutarakan bahayanya untuk kesehatan matamu tanpa penelitian terlebih dahulu. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengikuti saran para ahli yang dapat menghindari terjadinya jamur bersarang pada mata kamu.

http://www.memobee.com/index.php?do=c.every_body_is_journalist&idej=2335

Cara Agar Berhasil Bangun Lebih Pagi


Loading image...

Berapa kali Anda bertekad bangun lebih pagi tapi tak pernah bisa menghindari dari godaan tombol “Snooze” di jam alarm?

Niat saja tak cukup untuk membuat angan-angan bangun pagi jadi kenyataan. Kita juga perlu menyertainya dengan sejumlah usaha yang bisa membuat kita mau tak mau harus bangun juga

Berikut beberapa cara yang mungkin bisa membantu.

1. Tidur efektif

Semua juga tahu kalau ingin bangun lebih pagi kita sebaiknya tidur lebih awal. Tapi percuma saja tidur selama delapan jam jika tidur kita tidak efektif. Jika posisi tidur tak nyaman, bantal terlalu tinggi, atau suhu kamar terlalu dingin, kita akan terbangun berkali-kali di tengah malam, dan tubuh pun merasa kita belum mendapat cukup istirahat.

2. Hindari kopi, red wine, dan cokelat sebelum tidur

Penelitian menunjukkan tiga jenis makanan dan minuman ini adalah yang paling berpotensi mengganggu tidur. Mengonsumsinya di malam hari bisa membuat perut Anda bergejolak di malam hari dan tidur pun tak nyaman.

3. Buka tirai jendela kamar

Begitu matahari terbit, sinarnya akan masuk ke kamar dan membantu Anda terbangun.

4. Geser rutinitas Anda jadi lebih pagi

Jika biasanya Anda memulai aktivitas sehari-hari jam 8 pagi, tambahkan beberapa aktivitas tambahan yang dilakukan di jam 7 pagi. Misalnya jogging, berenang di kolam belakang kompleks, memasak sarapan sendiri, menulis untuk blog, atau apa pun aktivitas yang Anda senangi. Lakukan secara rutin setiap hari hingga jadi bagian gaya hidup Anda.

5. Gunakan 2 alarm

Anda biasa menyimpan jam alarm (atau menggunakan alarm ponsel) di samping tempat tidur? Silakan. Tapi pasang juga satu alarm lain, kalau bisa yang bunyinya lebih kencang, di tempat yang berjarak minimal 5 langkah dari tempat tidur. Mau tak mau Anda harus bangun untuk mematikannya. Tapi setelah itu jangan tidur lagi, ya.

6. Simpan segelas air di samping tempat tidur

Begitu alarm berbunyi, duduklah di tempat tidur dan minum segelas air yang sudah disediakan. Sampai habis. Ini berguna untuk membuat tubuh Anda siap beraktivitas dan tak ingin kembali tidur.

7. “Jump out of bed”

Istilah dalam bahasa Inggris ini bisa diartikan secara harfiah. Setelah mematikan alarm, langsung bangkit dan “melompat” turun, lalu jauhi tempat tidur.

8. Pikirkan hal menarik yang akan terjadi hari ini

Sebelum memutuskan untuk tidur lagi, pikirkan rencana kegiatan yang akan Anda jalani hari ini. Jika Anda bangun lebih pagi, tentunya akan ada lebih banyak waktu untuk bersiap-siap, memilih busana terbaik, menata rambut, dan berdandan dengan lebih maksimal. Menyenangkan, bukan?

9. Jadikan kebiasaan

Oke, Anda sudah berhasil bangun lebih pagi dari Senin hingga Jumat. Weekend bisa bangun jam 10 lagi, dong? Jangan salah. Tubuh bekerja menyesuaikan dengan jadwal yang sudah jadi kebiasaan. Jika Anda sudah membiasakan diri selama seminggu untuk bangun pagi, seterusnya tubuh Anda akan terbangun sendiri di jam yang sama. Namun jika rutinitas itu dirusak (tiba-tiba Anda kembali bangun siang selama 3 hari), tubuh pun akan mengikuti jadwal yang baru.

10. Pikirkan risikonya

Setiap Anda berpikir, “Tidur lagi deh, 15 menit lagi,” ingatlah bahwa rata-rata manusia menghabiskan sepertiga hidupnya untuk tidur. Jadi jika Anda diberi usia hingga 70 tahun, Anda akan menghabiskan lebih dari 20 tahunnya untuk tidur. Jadi, lupakan tidur 15 menit lagi. Anda masih punya banyak waktu untuk tidur besok-besok.

6 Minuman Untuk Kesehatan Jantung


 

Faktor genetik dapat mempengaruhi risiko seseorang untuk mengidap penyakit jantung. Tetapi kabar baiknya, penyakit ini sebagian besar dapat dicegah. Kita mungkin pernah mendengar nasihat bijak yang mengatakan, untuk menjaga jantung tetap sehat, maka harus mengonsumsi makanan begizi dan teratur berolahraga.

 

Namun bukan cuma perubahan gaya hidup yang dapat lakukan untuk menekan risiko sakit jantung. Apa yang Anda minum juga bisa membuat perbedaan. Berikut ini adalah beberapa jenis minuman yang disarankan yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung :

 

1. Kopi

Mungkin hal ini sepintas terdengar aneh. Tapi tahukah Anda bahwa kopi memiliki aktivitas antioksidan lebih tinggi ketimbang kakao atau teh? Mengonsumsi kopi dalam jumlah yang tepat dapat menghambat peradangan dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Sebuah studi jangka panjang dan berskala besar, di mana melibatkan lebih dari 83.000 perempuan menunjukkan bahwa minum 2 cangkir kopi setiap hari dapat memangkas risiko terkena stroke 20 persen lebih rendah ketimbang mereka yang sedikit minum kopi atau tidak sama sekali.

 

Saran : Meminum antara 2 hingga 4 cangkir kopi per hari termasuk kategori moderat. Tetapi jika Anda mengalami insomnia, gelisah dan kelelahan, cukup minum satu gelas saja.

 

2. Jus delima

Belakangan ini reputasi jus buah delima semakin melonjak dan memikat para peneliti gizi. Betapa tidak, para pakar dari University of California menemukan bahwa, kapasitas antioksidan jus delima tiga kali lipat lebih tinggi ketimbang anggur merah dan teh hijau. Bahkan penelitian awal menunjukkan, konsumsi rutin jus buah delima dapat menurunkan kolesterol, mengurangi plak arteri (faktor risiko untuk penyakit jantung), dan meningkatkan aliran darah ke jantung.

 

Saran: Jika memungkinkan, hindari tambahan pemanis saat membuat jus delima.

 

3. Anggur merah (red wine)

Anggur merah mengandung banyak senyawa yang dapat melindungi kesehatan jantung, termasuk di antaranya resveratrol. Resveratrol memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi pembuluh darah di jantung serta membantu mencegah pembentukan penggumpalan darah. Beberapa bukti juga menunjukkan, konsumsi anggur merah dalam jumlah yang moderat dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik).

 

Saran: Untuk perempuan, dianjurkan tidak lebih dari 1,5 gelas perhari. Sedangkan untuk pria, tidak lebih dari 2 gelas.

 

4. Teh hitam

Teh hitam dihasilkan melalui proses fermentasi setelah daun dipanen lalu dikeringkan. Pengolahan ini mengubah komposisi kimia dari daun, sehingga menghasilkan beberapa antioksidan kuat yang membantu mendukung kesehatan jantung. Teh hitam telah terbukti mengurangi risiko stroke, mengurangi LDL (kolesterol jahat), memperbaiki fungsi pembuluh darah, dan meningkatkan aliran darah dalam arteri koroner.

 

Saran : Semakin lama Anda mencelupkan teh, maka semakin besar manfaat fitokimia yang diperoleh. Oleh karena itu, menyajikan teh dengan air panas akan jauh lebih baik sekaligus menjaga kandungan antioksidan tetap terjaga. Minum beberapa cangkir teh hitam setiap hari dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

 

5. Teh hijau

Seperti teh hitam, teh hijau mengandung banyak antioksidan yang baik untuk jantung. Perbedaan utamanya adalah bahwa teh hijau tidak difermentasi. Sebuah studi tahun 2004 menunjukkan bahwa minum teh hijau dalam jumlah yang banyak dapat mencegah resiko penyakit arteri koroner. Ada banyak penelitian yang menghubungkan konsumsi teh hijau dengan kolesterol rendah, pencegahan pembekuan darah dan stroke.

 

Saran: Minum 1-3 cangkir teh hijau sehari.

 

6. Air

Dehidrasi dapat berkontribusi pada beberapa faktor risiko untuk penyakit jantung koroner, termasuk darah kental. Ketika Anda sedang mengalami dehidrasi, darah akan menjadi lebih kental. Kondisi ini membuat hati Anda mengeluarkan lebih banyak energi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Bahkan, dehidrasi kronis dapat menyebabkan hipertensi (tekanan darah tinggi).

 

Saran: Banyak ahli merekomendasikan setidaknya dalam sehari seseorang harus minum 8-10 gelas air (untuk dewasa). Tetapi rekomendasi jumlah yang harus diminum tidak bisa berlaku pada setiap orang dan setiap kondisi. Yang pasti, jangan biarkan tubuh Anda sampai mengalami dehidrasi. Anda juga dapat menambahkan jus atau air perasan lemon ke dalam air hangat untuk menambahkan cita rasa sekaligus memeroleh manfaat peluruhan dan antioksidan.

 

sumber : http://www.memobee.com/index.php?do=c.every_body_is_journalist&idej=4424

Gadis Berusia 4 Tahun Ini Memiliki IQ Hanya 1 Angka Di Bawah Einstein & Mengalahkan Presenter Sexy Nan Jenius


Seorang anak perempuan berusia empat tahun dari Hampshire diterima Mensa dengan IQ satu angka di bawah Albert Einstein dan Stephen Hawking.

Heidi Hankins dari Winchester memiliki IQ 159 dan belajar sendiri untuk membaca dan mampu menghitung hingga 40 saat berusia dua tahun.

Heidi mempunyai hobi gila membaca

Heidi berfoto bersama sang kakak, Isaac

Mensa adalah sebuah perhimpunan yang hanya bisa dimasuki oleh kalangan yang memiliki IQ tinggi, dan menjadi perkumpulan ”orang genius” tertua di dunia.

Kepala Eksekutif Mensa Inggris John Stevenage mengatakan orangtua Heidi “secara benar mengidentifikasi bahwa dia memiliki potensi yang besar”.

Berdasarkan Mensa, IQ rata-rata untuk orang dewasa adalah 100.

Pada tahun 2009, Oscar Wrigley, saat itu berusia dua tahun dari Reading di Berkshire menjadi anak termuda yang masuk dalam Mensa dengan IQ 160.

Stevenage mengatakan: ”Kami memberikan sebuah lingkungan yang positif bagi anggota muda untuk berkembang.”

Menurut Mensa, tanda-tanda anak yang berbakat adalah termasuk ingatan yang tidak biasa, dapat membaca di usia dini, tidak memiliki toleransi dengan anak lain dan mengikuti perkembangan peristiwa dunia.

Heidi menggeser posisi TV mathematician dari Inggris, Carol Vorderman yang memiliki skor IQ 154 dan berada dibawah Albert Einstein serta Stephen Hawking yang sama-sama memiliki skor IQ 160.

Albert Einstein (foto atas) dan Stephen Hawking (foto bawah), skor IQ nya hanya 1 poin diatas Heidi

Jangan salah, si sexy Carol Vorderman ini termasuk sangat jenius

Seorang anak yang berbakat juga selalu bertanya sejumlah pertanyaan sepanjang masa.

sumber : http://www.memobee.com/index.php?do=c.every_body_is_journalist&idej=3143